Inovasi, Begini Cara Menyimpan Air Di Gurun Tertinggi Di Dunia


Penduduk desa di padang pasir Ladakh yang tinggi di negara bagian Jammu dan Kashmir di India biasa memanen tanaman jelai, gandum, buah-buahan, dan sayuran yang berlimpah di musim panas.

Tapi selama bertahun-tahun arus sungai sudah kering di musim semi, tepat saat petani membutuhkan air untuk menabur benih. Mereka memiliki air saat tidak dibutuhkan sepanjang sisa tahun ini, seperti di musim dingin, ketika Ladakhis membiarkan air menyembur dari keran untuk mencegah agar pipa tidak membeku dan meledak.

Warga desa menyalahkan perubahan iklim karena menyebabkan gletser menyusut.

Untuk mengatasi masalah kekurangan air, Sonam Wangchuk, seorang insinyur mekanik, dan tim relawannya membangun blok es raksasa di Phyang, sembilan mil dari Leh, ibu kota Ladakh. Saat musim semi tiba dan gletser buatan meleleh, petani akan memiliki air yang mengalir.

Metode cerdik menyimpan air tanpa memerlukan tangki penyimpanan air atau bendungan beton. Meskipun tidak akan menghentikan gletser menyusut, hal itu bisa membantu orang beradaptasi dengan dunia yang memanas.


"Sulit untuk mengatakan berapa banyak orang pada akhirnya akan mendapatkan keuntungan. Desa Phyang hanya memiliki 2.000 orang. Tapi akan ada cukup air untuk banyak lagi. Ini adalah aktivitas ekonomi dan ekologis [al]. " 

Musim dingin yang lalu, Wangchuk membangun prototipe 6 meter di tepi sungai yang terbuka sepenuhnya untuk menguji idenya. Ia menyimpan 150.000 liter air pada 3.170 meter, dataran terendah di lembah Leh. Ini, katanya, terbukti piramida es bisa dibangun di manapun di wilayah ini.

Kerucut beku menyerupai stupa lumpur Budha, dan Wangchuk dengan cepat muncul dengan nama: stupa es. Ketika prototipe berlangsung sampai pertengahan bulan Mei, dia didorong untuk mencoba piramida es 30 meter musim dingin ini.

Tapi biaya perpipaan air dari sungai Phyang, 1,5 mil jauhnya, adalah selisih $ 100.000. Dengan tidak terganggu, ia mengumpulkan uang di panggung pendukung dana Indiegogo dan mulai bekerja pada 21 Januari.


Situs itu kedap air dengan tanah liat, jadi saat stupa es meleleh, air tidak akan meresap ke pasir pasir. Penyiram menyiram air dari atas, dan angin dingin membeku tetesan saat mereka menyentuh tanah. Sebuah kerucut es dibangun perlahan tapi pasti.

Dengan hanya dua minggu lagi musim dingin yang tersisa, waktu berjalan singkat. Stupa ini kemungkinan tingginya tidak lebih dari 15 meter saat selesai, setengah ukurannya direncanakan 30 meter.

"Tahun ini adalah pertama kalinya, jadi ada komplikasi dan penundaan," kata Wangchuk kepada Guardian. "Kami ingin mencapai dua hal - untuk menunjukkan bagaimana membuat stupa dan cara menghijaukan sepetak padang pasir. Kami ingin membuat kebun buah dan rumah kaca untuk sayuran.

"Sulit untuk mengatakan berapa banyak orang pada akhirnya akan mendapatkan keuntungan. Desa Phyang hanya memiliki 2.000 orang. Tapi akan ada cukup air untuk banyak lagi. Ini adalah aktivitas ekonomi dan ekologis [al]. "


Di tahun-tahun mendatang, Wangchuk berharap bisa membangun 80 sampai 90 stupa, masing-masing setinggi lebih dari 30 meter, di desa Phyang. Mereka akan menyimpan 1 miliar liter air, cukup untuk mengairi 600 hektar (1.500 hektar) padang pasir, katanya.Untuk membuat begitu banyak piramida es, satu-satunya investasi tambahan adalah pipa. Wangchuk berkata: "Kami membutuhkan lebih banyak pipa sehingga kami bisa memperpanjangnya lebih jauh dan lebih jauh. Diperlukan $ 100.000 lagi untuk membuat stupa lainnya. "





Begitu pipa diletakkan, piramida es beku bisa dibangun dari tahun ke tahun tanpa memompa lebih banyak uang. "Pipa bawah tanah akan bertahan seratus tahun," katanya.Wangchuk berpikir satu-satunya cara menghadapi dampak perubahan iklim di Ladakh adalah dengan membangun "stupa yang dipukuli dengan waduk kecil yang menahan air hujan dimana tidak bisa membeku. Orang bilang ada sedikit dan kurang salju, tapi ada curah hujan yang lebih banyak dalam bentuk hujan. Kita butuh beberapa cara untuk menahan air di pegunungan tinggi dan kemudian membentuk stupa es. Ruang lingkupnya akan menjadi lebih kecil jika sungai memiliki sedikit air. "Tapi untuk saat ini, padang pasir di sekitar Phyang setinggi 3.500 meter akan berubah menjadi hijau di musim panas, karena air mengalir untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.


Diterjemahkan Dari The Guardian
Linkfo.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.