10 Entrepreneur Sukses ini Tidak Mengerjakan Apapun Hingga Usia 30

Ini adalah bukti bahwa Anda tidak perlu menjadi orang jenius untuk sukses. Bahkan entrepreneur yang sangat sukses ini tidak mengerjakan apa-apa hingga umur 30 tahun.

Ada rumor bahwa Paul Graham, founder dari incubator yang paling sukses di dunia, pernah berinvestasi untuk seseorang karena dia terlihat seperti Mark Zuckerberg. Tapi usia muda bukanlah persyaratan untuk membangun perusahaan yang sukses.

Jack Dorsey, Twitter – 30 tahun

Mungkin bagi Anda Jack merupakan entrepreneur pintar dan luar biasa, tapi hingga pertengahan umur 20 tahun dia menjadi pemain skateboard.
enterpreneur-sukses-jack-dorseyPerusahaan pertama Dorsey (dimulai saat dia di NYU) merupakan program pengiriman taksi.
Ketika perusahaannya mulai menurun, Dorsey mendekati Ev Williams, yang menjalankan Odeo, sebuah perusahaan podcast. Dia melakukan pitching ide untuk servis instant messaging.
William menyukai konsepnya dan bekerja dengan Dorsey, Biz Stone, dan Noah Glass untuk mewujudkan konsepnya. Dorsey ditunjuk sebagai CEO. Dia berumur 30 tahun saat itu.

Tim Westergren, Pandora – 35 tahun

Tim Westergren memulai Pandora di usia 35 tahun. Tapi di tidak bisa membayar gaji selama dua tahun
enterpreneur-sukses-tim-westergren
Sebelum memulai Pandora, Westergren seorang musisi yang tidak berhasil, part-time composer, pengasuh, dan hippy.
Meskipun dia memulai Pandora (usaha entrepreneur pertamanya) di usia 35 tahun, Pandora tidak menjadi channel radio online hinnga Westergren berumur 37 tahun.
Pandora dimuali sebagai perusahaan hardware yang membiarkan toko memainkan music. Pandora bahkan bangkrut pada dua tahun pertamanya dan Westegren entah bagaimana bisa meyakinkan 50 karyawannya untuk bekerja tanpa dibayar – selama dua tahun.
Inilah pidato yang disampaikan kepada karyawannya setiap minggu yang meyakinkan mereka untuk tetap di perusahaan Westergren.

Jan Koum, WhatsAp – 33 tahun

Sebelum membuat WhatsApp, Jan Koum melamar kerja di Facebook. Mereka menolaknya.
Seth McGann, Andrew Reiter, Dug Song, and Jan Koum are pictured at the DefCon hacker convention in Las Vegas, Nevada
Koum menjalankan WhatsApp pada ulang tahun ke-33. Dia dikeluarkan dari perguruan tinggi San Jose State.
Setelah meninggalkan sekolah, dia bekerja di Yahoo kemudian bertemu Brian Acton, cofounder Koum saat ini. Setelah Sembilan tahun di Yahoo, Koum melamar kerja di Facebook dan ditolak.

Jack Ma, Alibaba – 35 tahun

Jack Ma tidak pernah menuliskan coding, dan pertama kalinya dia menggunakan komputer adalah di usia 30 tahun.
Saat ini dia memiliki harta $22.5 milyar, tapi sampai umur 30 tahun dia berpikir bahwa dirinya sudah gagal. Ma gagal melewati ujian masuk perguruan tinggi sebanyak tiga kali. Setelah itu, dia melamar ke 30 pekerjaan yang berbeda, termasuk KFC, dan lagi, dia ditolak.
Jadi pada usia 31 tahun, Ma memulai perusahaan internet pertamanya yang disebut “China Yellow Pages.” Perusahaannya berhasil membuat sekitar $800,000 dalam waktu tiga tahun.
Pada usia 35 tahun, dia mendirikan Alibaba. Seperti Amazon, Alibaba tidak menghasilkan profit pada tiga tahun pertamanya, tapi kita semua tahu bagaimana ceritanya saat ini.

Ben Horowitz, LoudCloud – 33 tahun

Setelah memulai perusahaan pertamanya di usia 33 tahun, Ben Horowitz sering berada di ambang bangkrut.
enterpreneur-sukses-ben-horowitz-loudcloud
Setelah lulus dari UCLA pada tahun 1988 dan berganti-ganti pekerjaan selama tujuh tahun, pada usia 29 tahun Ben Horowitz bergabung dengan Netscape sebagai product manager.
Setelah Netscape diakuisisi pada tahun 1999, Horowitz dan Marc Andreessen (founder Netscape) bergabung untuk membuat LoudCloud. Horowitz berusia 33 tahun pada saat itu.
Dalam buku Horowitz, The Hard Things About Hard Things, dia menyampaikan tentang kejadian (hampir bangkrut) yang dihadapi LoudCloud, seperti dua minggu tidak membayarkan gaji. Untungnya Loudcloud diakusisi dengan nilai sebesar $1.6 milyar ketika Horowitz berusia 41 tahun.

Sam Walton, Walmart – 44 tahun

Sebelum Sam Walton mendirikan WalMart, dia memiliki toko kecil bersama ayah mertuanya.
enterpreneur-sukses-sam-walton-walmart
Pada tahun 1945, sebelum memulai WalMart, Sam Walton memiliki pinjaman sebsar $20,000 (sekitar $250,000 jika saat ini) dari ayah mertuanya dan membeli toko franchise Ben Franklin, sejauh 220 mil. Tapi meskipun Walton mengelola dua toko, dia masih kesulitan untuk membayar karyawannya.
pada tahun 1945, ketika Walton berusa 44 tahun, dan memiliki pengalaman bisnis selama bertahun-tahun, dia membuka WalMart pertama.

Peter Thiel, PayPal – 30 tahun

Salah satu investor tech paling sukses di dunia ini hampir masuk ke sekolah hokum
Peter thiel, Elon Musk
Sebelum menjadi founder Paypal, Peter Thiel merupakan seorang pengacara yang membenci hidupnya. Setelah lulus dari Stanford Law pada tahun 1992, Thiel bekerja di perusahaan hokum Manhattan, sebuah tempat yang menurutnya “dari luar semua orang mau masuk ke sana,” tapi, ‘di dalam… semua orang ingin meninggalkan tempat ini.”
Setelah tujuh bulan Thiel keluar, dan bergabung dengan Credit Suisse sebagai derivative trading (perdagangan berjangka), eBay mengakuisisi PayPal sebesar $1.5 milyar, membuat saham di perusahaannya bernilai sekitar $50 juta.

Reed Hastings, Pure Software – 30 tahun

Reed Hastings bekerja di Peace Corp di usia 20an.
enterpreneur-sukses-reed-hastings-pure-software
Kebanyakan orang tidak menyadari ini, tapi Reed Hastings sebenarnya seorang entrepreneur yang berhasil sebelum dia memulai Netflix. Pada tahun 1991, ketika usianya 31 tahun, Hastings memulai Pure Software, sebuah tool debug untuk software engineer. Hastings, seorang engineer terlait, membantu perusahaan meningkatkan revenue perusahaan dua kali lipat setiap tahunnya. Pada tahun 1997, ketika Hasting berusa 37 tahun, Rational Software mengakuisisi Pure Software untuk $750 juta, memberikan Hasting peluang untuk mendirikan Netflix.

Henry Ford, Ford Motor Company – 40 tahun

Sebelum memulai Ford pada usia 40 tahun, aliran perfeksionis Henry Ford membawa kegagalan karena melewatkan deadline membuat prototype.
enterpreneur-sukses-henry-fordMeskipun dia menciptakan salah satu keberuntungan terbesar dalam sejarah kehidupan manusia ($199 miliar), dua perusahaan pertama Henry Ford bangkrut sebelum memulai Ford. Ford, seperti Steve Jobs, merupakan seseorang yang perfeksionis yang sangat mempedulikan setiap detail kecil dari mobilnya.
Setelah bertahun-tahun mengalami kegagalan, investor Ford meyakinkan dia untuk memperkerjakan James Couzen. Couzen meyakinkan Ford untuk menjual sebuah mobil “imperfect” dan memiliki mekanis di seluruh negara yang dilatih untuk memperbaiki mobil yang rusak

Mark Cuban, MicroSolutions – 32 tahun

28 tahun Mark Cuban membagikan apartemen tiga-kamar tidur dengan lima orang. Kamar tidurnya berada di lemari.
enterpreneur-sukses-mark-cuban-microsolutions
Pada usia 24 tahun, Cuban lulus dari Indiana University dan pindah ke Dallas untuk bekerja sebagai seorang bartender. Usaha awalnya setelah lulus sekolah adalah menjual komputer sejumlah $18,000 setahun. Tapi dia dipecat karena tidak patuh dengan atasannya. Pada usia 25 tahun dia memulai MicroSolutions, sebuah perusahaan konsultasi untuk software. Setelah tujuh tahun, Cuban menjual MicroSolutions seharga $6 juta… cukup baginya untuk mendirikan Broadcast.com, yang dijual dengan $5,7 juta.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.